Perencanaan Bisnis Kaos Sablon
A. Rangkuman
Eksekutif
Apa itu Hands On T-Shirt ???
Hands
On T-Shirt adalah "Tukang" cetak kaos. Dengan menggunakan teknologi
terbaru DTG (Direct To Garment). Selain menjadi "Tukang" cetak kaos,
Hands On T-Shirt juga merupakan toko clothing yang menjual kaos dengan design
yang sangat menarik. Jenis bahan yang di pakai adalah 100%
cotton combed 20s.
Hands
On T-Shirt mempunyai slogan "Smart
Solution For Your T-Shirt"
yang artinya” Kami ingin selalu menjadi solusi terbaik bagi kamu yang mempunyai
masalah tentang kaos” Dengan selalu
ingin menjadi yang terbaik maka Hand On T-Shirt selalu mengedepankan kualitas
dan pelayanan karena kepercayaan konsumen adalah yang paling penting. Untuk
mewujudkan itu semua maka Hand On T-Shirt memberikan 5 solusi terbaik kepada
konsumen. 5 solusi tersebut terpampang jelas pada logo Hands On T-Shirt yaitu Friendly
Price, High Quality T-Shirt, High Quality Printing, Tanpa Minimum Order, dan
Fastest Respond.Dengan 5 solusi
tersebut diharapkan konsumen akan puas dan senang berbelanja di Hands On
T-Shirt.
Keunggulan
Cetak Kaos Di Hands On T-Shirt adalah:
1.
Bisa cetak kaos satuan
2.
Hasil cetak kaos lebih tajam dan merata
3.
Hasil cetak kaos tahanlama walaupun dicuci berkali-kali
4.
Hasil cetak kaos meresap pada bahan kaos dengan karakter soft-feel
5.
Hasil cetak kaos dapat disetrika dan tidak lengket
6.
Tidak menggunakan transfer paper yang mahal
7.
Tidak luntur
8.
Bisa untuk cetak foto ke kaos
9.
Bisa dicetak langsung ke kaos jadi berbahan cotton
combed/ carded/ TC atau bahan kain lainnya.
Usaha ini berlokasi di sebuah rumah di kawasan
Tangerang yang mana rumah tersebut adalah rumah kepemilikan orang tua sang
owner yang tidak ditempati lalu sang owner memanfaatkan rumah terserbut sebagai tempat produksi yang biasa disebut
Workshop. Usaha yang berawal dari sebuah hobi sekumpulan mahasiswa yang senang
dengan dunia desain ini terus menampakkan keseriusannya.Dengan modal yang
sangat minim, pemilik memberanikan diri untuk menerima orderan baik satuan
maupun partai besar.
Melihat
banyaknya pelanggan yang puas dengan hasil karyanya,berdampak pada meningkatnya
orderan kaos. Ditambah lagi dengan adanya orderan dari Fanspage resmi dari
JKT48 berlabelRadikal Creative Store 48 dan para fans bola sejati dengan label
unggulannya Soccer Swag 45
Dibantu 3 orang kawannya yang terdiri 1
orang dibagian pemasaran (rangkap
produksi),1 orang dibagian kreatif desain dan 1 orang dibagian keuangan
(rangkap produksi). Beberapa pelayanan akan diberikan kepada para konsumen seperti harga diskon untuk jumlah pemesanan
tertentu.
Tidak ada target
produksi kaos yang yang diproduksi ,karena produksi berdasarkan pesanan.Hand On
T-shirt cocok untuk semua kalangan. Harga yang dibandrol pun cukup
terjangkau.Untuk harga berkisar Rp.40000-Rp.50000 tergantung ukuran
kaos.Konsumen bisa memilih desain kaos yang diinginkan.
Modal awal yang
diperlukan dalam perusahaan ini lumayan banyak, karena yaitu sekitar Rp. 25.000.000
untuk membeli peralatan print/cetak termasuk mesin print berteknologi tinggi.
B. Analisis
Industri
1.
Prospek
Masa Depan Usaha
Berbagai jenis usaha menjamur
disekeliling kita.Dari usaha yang kecil sampai dengan pengusaha besar. Namun
pastinya akan selalu ada peluang usaha walaupun terlihat kecil saat itu. Begitu
pula dengan usaha print/sablon kaos
ini.Pakaian, dalam hal ini kaos merupakan kebutuhan primer manusia.Semua
orang butuh pakaian seperti halnya tempat tinggal. Oleh karena itu, kami
melihat bahwa usaha ini sangat berpeluang dan menjanjikan, karena bisnis ini tidak akan mati selama orang masih
memakai kaos tersebut. Walaupun bisnis ini banyak yang menggeluti ,tetapi jika
dikembangkan secara unik dan kreatif, tidak menutup kemungkinan bisnis ini akan
memberi keuntungan yang besar. Kreativitas
(creativity) adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk
menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dam peluang.Sedangkan inovasi
(inovation) adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah
dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang.
- Analisis Persaingan
Persaingan yang
semakin ketat tidak akan menurunkan semangat dan keinginan Hand On T-Shirt
untuk terus maju menjadi sebuah trend market di level printing/cetak kaos
se-Indonesia. Persaingan yang muncul diantaranya adalah para produsen yang
memiliki jenis usaha yang sejenis dan target market yang samayaitu jasa
percetakan/print kaos
dan yang lainnya yang sudah berdiri lebih dahulu dikenal oleh konsumen serta mempunyai teknologi teranyar.
Kreativitasi
dan inovasi menjadi semacam “penentu” bagi bisnis kewirausahaan berskala
kecil.Berfikir kreatif telah menjadi inti keterampilan bisnis, dan wirausahawan
menjadi pemimpin dalam usaha mengembangkan dan menerapkan keterampilan
tersebut.Kreativitas dan inovasi sering menjadi jantung bagi kemampuan
perusahaan kecil untuk dapat bersaing dengan pesaing mereka yang lebih
besar.Walaupun mereka tidak dapat melebihi belanja pesaing mereka yang lebih
besar, perusahaan kecil dapat menciptakan keunggulan bersaing yang kuat dan
efektif terhadap perusahaan besar secara lebih kreatif dan inovatif.Jika mereka
gagal dalam melakukannya, wirausahawan tidak dapat bertahan lama dalam bisnis.
Menurut
Zimmerer (1996:82), kreativitas seringkali muncul dalam bentuk ide untuk
menghasilkan barang dan jasa baru. Ide bukanlah peluang dan tidak akan muncul
bila wirausaha tidak mengadakan evaluasi dan pengamatan secara terus menerus.
Banyak ide yang betul-betul asli, akan tetapi sebagian besar peluang tercipta
ketika wirausaha memiliki cara pandang baru terhadap ide yang lama. Dengan
ketatnya persaingan sekarang, seorang wirausahawan yang ingin sukses harus
memiliki beberapa karakteristik yang dikutip oleh Zimmerer, yaitu :
- Kreatif dan
Fleksibel
- Mencapai
hasil dengan pengetahuan dan pengalaman
- Energik
tinggi
- Motivasi
untuk lebih unggul
- Berorientasi
ke depan ( visioner )
- Mau belajar
dari kegagalan
- Kemampuan
memimpin
Oleh
karena itu, agar dapat menjadi market leader di dalam usaha ini, perjuangan dan
kerja keras dalam mengembangkannya sangat diperlukan, terlebih untuk mencari
pelanggan dan konsumen. Semua ini tentunya memerlukan stategi pemasaran yang fokus pada kalangan menengah serta
memberikan harga bersaing sesuai dengan kualitas produk dan jasa.
- Segmentasi Pasar
Dalam hal target
pasar yang Hands On T-shirt bidik adalah masyarakat umum seperti para pelajar,
mahasiswa dan anak-anak remaja
seusianya termasuk orang dewasa yang masih terbiasa dan senang menggunakan
kaos.
Kemudian selain
kepada masyarakat langsung, Hands Out T-Shirt membidik pasaran para Fans JKT48
yang luar biasa banyak serta para fans bola sejati yang komunitasnya tersebar
di seantero Indonesia.
- Ramalan-ramalan produk yang dihasilkan
Hands
Out T-Shirt berencana untuk bisa menghasilkan kaos dengan berbagai macam bahan dasar dan jenis print.Serta produk yang
dihasilkan bisa diterima diberbagai clothing line di seluruh Indonesia.
C.
Deskripsi Usaha
1.
Produk yang dihasilkan
Kaos dengan berbagai macam
jenis design .
2.
Jasa Pelayanan
Dalam hal pelayanan
baik terhadap distributor maupun kepada para konsumen, Hands Out T-Shirt
memberikan beberapa pelayanan untuk menunjang sisi marketing usaha, diantaranya
:
a. Konsultasi
design gratis
b. Garansi barang jika terjadi kesalahan produksi.
c. Diskon
bagi reseller.
3.
Ruang Lingkup Usaha
Usaha yang
mereka geluti ini memfokuskan pada percetakan kaos dan sejenisnya dengan
berbagai macam design yang unik.
4.
Perlengkapan Kantor
Kantor yang mereka
gunakan sebagai tempat usaha sangat sederhana, karena mereka baru memiliki alat
penunjang produksi yang sedikit dan terhitung cukup mahal, jadi mereka untuk
sementara ini masih menempati rumah sederhana yang bertempat di daerah
Tangerang. Alat penunjang produksi sendiri terdiri dari :
a. Mesin Press Kaos
Sebelum mencetak desain, kaos terlebih dulu dipanaskan
agar hasil cetak lebih maksimal.Mesin ini digunakan juga untuk mesin pengering.
b. Printer
Direct To Garment (DTG).
Printer yang digunakan berupa alat pencetak yang
beteknologi tinggi yang sudah terintegerasi dengan computer.
c. Komputer dan Laptop
Perlengkapan kantor selanjutnya adalah computer dan
laptop yang digunakan untuk design dan pemasaran secara online
(Facebook,Twitter,Blog dll). Komputer dan laptop yang digunakan memiliki
spesifikasi tinggi agar mampu menjalankan program-program design seperti Corel
Draw,Photoshop, Adobe Ilistrator dengan baik ,dan harus terkoneksi internet.
5.
Latar Belakang Identitas Pengusaha
Pengusaha sablon ini
adalah seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta ( Mercu Buana ).
Usaha ini berawal dari sebuah hobi yang sudah lama ia dan kawan-kawannya
geluti. Hingga akhirnya dengan bermodalkan keberanian, kesungguhan dan
pengalaman dia memutuskan untuk membuka dan mengembangkan usaha ini.
D.
Rencana Produksi
Setelah design dan
ukuran kaos ditentukan sesuai permintaan customer, maka proses selanjutnya adalah proses
mencetak kaos yang terdiri dari beberapa tahapan. Berikut ini adalah gambaran
proses produksi sablon kaos.
- Proses produksi
Berikut ini penjelasan
masing-masing prosesnya :
a.
Setting Desain
Proses
ini di merupakan tahap awal,sebelum memasuki tahap pencetakan. Setting Desain
yang akan dicetak menggunakan software desain seperti Corel Draw, Potoshop,
Adob Ilustrator dan lain-lain.
b.
Pemanasan
Pemanasan
yang dimaksud di sini adalah Kaos yang dipanaskan(press) terlebih dahulu
sebelum masuk ke mesin print. Pemanasan kaos di sini membutuhkan waktu +
60 detik
c.
Print (Pencetakkan)
Pada
tahap ini proses print (cetak) , atur bagian kaos yang akan di print di printer
DTG. Proses pencetakkan ini dilakukan 2 kali untuk mendapatkan hasil yang
maksimal.
d.
Pengeringan
Proses yang terakhir
adalah pengeringan, pada proses ini alat yang di gunakan adalah mesin press
yang digunakan untuk pemanasan kaos sebelumnya. Waktu yang dibutuhkan +
60 detik.
- Keadaan Tempat Usaha & Perlengkapan
Dalam menjalani
usaha ini, mereka memanfaatkan rumah pemilik usaha sebagai kantor sekaligus
tempat produksi. Hal ini mereka lakukan untuk menekan biaya pengeluaran dan
karena mereka masih dalam tahap awal pengembangan usaha.
Beberapa alat
perlengkapan yang mereka gunakan dalam kegiatan cetak kaos diantaranya adalah :
Ø Mesin
Print
Ø Komputer
dan Laptop
Ø Mesin
press dan pengering
- Bahan Baku Usaha
Ø Kaos
Ø Tinta
print.
Ø Plastik
Kemas
Ø dll
Semua bahan-bahan diatas bisa mereka dapatkan dengan
mudah di daerah sekitar Tangerang.
E.
Rencana Pemasaran
- Penetapan harga
Harga
yang mereka tawarkan sangat beragam, tergantung jenis ukuran dan print area
design yang di order. Mereka memberikan penawaran dengan range harga
40000-50000 dan disediakan potongan harga jika memesan kaos dengan partai
besar.
- Pelaksanaan Pemasaran
Selain
penjualan secara langsung kepada para konsumen, kami juga memasarkan produk kaos kami dengan sistem order
(Pesanan).
- Promosi yang akan dilakukan
Promosi yang dilakukan melalui :
a.
Media Internet dalam hal ini menggunakan
jasa weblog, twitter dan fanpage facebook
b.
Via BlackBerry Messanger (BBM)
c.
Brosur/ Pamflet
d.
Penawaran secara langsung
- Pengembangan produk
Selain fokus
pada produksi Percetakan, kami berencana mengembangkan beberapa produk
sejenisnya seperti ; sweater, jaket, seragam, dll. Dan juga kami berencana
menjadikan HAND ON T-SHIRT sebagai sebuah icon kaos ternama seperti Distro yang
sudah lama terkenal.
F.
Perencanaan organisasi
- Bentuk kepemilikan &
struktur organisasi
Usaha sablon kaos ini adalah milik pribadi. Dan dalam hal perencanaan organisasi Honds On T-shirt mempunyai struktur organisasi sebagai berikut:
- Peranan & tanggung jawab
personalia dalam organisasi
a.
Pemilik :
ü Bertanggung
jawab menyediakan bahan-bahan dan perlengkapan produksi
b.
Bag. Pemasaran
ü Memasarkan
produk ke konsumen melalui beberapa media.
c.
Bag. Keuangan
ü Bertanggung
jawab atas semua transaksi keuangan.
d.
Bag, Desain
ü Bertanggung
jawab atas desain yang di minta konsumen atau desain untuk produk sendiri.
e.
Bag. Produksi
ü Bertanggung
jawab atas semua kaos yang di produksi dan menjaga alat-alat kerja
G.
Resiko
- Evaluasi kelemahan bisnis
Dewasa
ini usaha percetakan atau khususnya usaha sablon bukanlah hal yang baru lagi,
baik pengusaha yang bermodal besar yang memiliki skala usaha yang besar juga
tentunya, hingga pengusaha yang bermodal kecil yang hanya berbentuk UKM ataupun
home industri banyak bermunculan sehingga terjadi persaingan usaha yang sangat
besar di tengah pasar yang semakin mengecil. Perebutan pangsa pasar terjadi di
tengah kenaikan harga bahan baku dan di tengah daya beli yang cenderung menurun
karena instabilitas tata perekonomian nasional. Memenangkan persaingan adalah
tantangan bagi sebuah usaha yang harus terus berupaya dijalur kompetisi yang
sehat demi menjaga kelangsungan dan perkembangan usaha dimasa-masa yang akan
datang. Dibutuhkan kreativitas usaha dan pemikiran-pemikiran yang cemerlang
yang harus terus diupayakan demi menarik minat konsumen untuk terus bertahan
dan tetap menjadi pilihan bagi konsumen.
- Gambaran Teknologi
Resiko
dengan menggunakan alat-alat yang modern tentu saja ada, diantaranya kapasitas
penggunaan listrik pada proses pencetakan dan pengeringan. Apalagi jika
mendapat deadline pesanan yang cukup banyak. Walaupun masih ada cara lain yang
pastinya memakan biaya seperti penggunaan genset yang mampu manampung kapasitas
listrik yang cukup banyak. Tetapi cara tersebut dirasa kurang tepat sasaran
melihat jenis usaha yang dijalankan masih berupa UKM atau home industry.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar