Translate

Kamis, 22 Oktober 2015

CyberPreneurship_Dunia Usaha

Perencanaan Bisnis Kaos Sablon

A.    Rangkuman Eksekutif
Apa itu Hands On T-Shirt ???
Hands On T-Shirt adalah "Tukang" cetak kaos. Dengan menggunakan teknologi terbaru DTG (Direct To Garment). Selain menjadi "Tukang" cetak kaos, Hands On T-Shirt juga merupakan toko clothing yang menjual kaos dengan design yang sangat menarik. Jenis bahan yang di pakai adalah 100% cotton combed 20s.
Hands On T-Shirt mempunyai slogan "Smart Solution For Your T-Shirt" yang artinya” Kami ingin selalu menjadi solusi terbaik bagi kamu yang mempunyai masalah tentang kaos” Dengan selalu ingin menjadi yang terbaik maka Hand On T-Shirt selalu mengedepankan kualitas dan pelayanan karena kepercayaan konsumen adalah yang paling penting. Untuk mewujudkan itu semua maka Hand On T-Shirt memberikan 5 solusi terbaik kepada konsumen. 5 solusi tersebut terpampang jelas pada logo Hands On T-Shirt yaitu Friendly Price, High Quality T-Shirt, High Quality Printing, Tanpa Minimum Order, dan Fastest Respond.Dengan 5 solusi tersebut diharapkan konsumen akan puas dan senang berbelanja di Hands On T-Shirt.
Keunggulan Cetak Kaos Di Hands On T-Shirt adalah:
1.      Bisa cetak kaos satuan
2.      Hasil cetak kaos lebih tajam dan merata
3.      ​Hasil cetak kaos tahanlama walaupun dicuci berkali-kali
4.      Hasil cetak kaos meresap pada bahan kaos dengan karakter soft-feel
5.      Hasil cetak kaos dapat disetrika dan tidak lengket
6.      Tidak menggunakan transfer paper yang mahal
7.      Tidak luntur
8.      Bisa untuk cetak foto ke kaos
9.      Bisa dicetak langsung ke kaos jadi berbahan cotton combed/ carded/ TC atau bahan kain lainnya.
 Usaha ini berlokasi di sebuah rumah di kawasan Tangerang yang mana rumah tersebut adalah rumah kepemilikan orang tua sang owner yang tidak ditempati lalu sang owner memanfaatkan rumah terserbut  sebagai tempat produksi yang biasa disebut Workshop. Usaha yang berawal dari sebuah hobi sekumpulan mahasiswa yang senang dengan dunia desain ini terus menampakkan keseriusannya.Dengan modal yang sangat minim, pemilik memberanikan diri untuk menerima orderan baik satuan maupun partai besar.
Melihat banyaknya pelanggan yang puas dengan hasil karyanya,berdampak pada meningkatnya orderan kaos. Ditambah lagi dengan adanya orderan dari Fanspage resmi dari JKT48  berlabelRadikal Creative Store 48 dan para fans bola sejati dengan label unggulannya Soccer Swag 45
 Dibantu 3 orang kawannya yang terdiri 1 orang  dibagian pemasaran (rangkap produksi),1 orang dibagian kreatif desain dan 1 orang dibagian keuangan (rangkap produksi). Beberapa pelayanan akan diberikan  kepada para konsumen  seperti harga diskon untuk jumlah pemesanan tertentu.
Tidak ada target produksi kaos yang yang diproduksi ,karena produksi berdasarkan pesanan.Hand On T-shirt cocok untuk semua kalangan. Harga yang dibandrol pun cukup terjangkau.Untuk harga berkisar Rp.40000-Rp.50000 tergantung ukuran kaos.Konsumen bisa memilih desain kaos yang diinginkan.
Modal awal yang diperlukan dalam perusahaan ini lumayan banyak, karena yaitu sekitar Rp. 25.000.000 untuk membeli peralatan print/cetak termasuk mesin print berteknologi tinggi.

B.       Analisis Industri
1.      Prospek Masa Depan Usaha
Berbagai jenis usaha menjamur disekeliling kita.Dari usaha yang kecil sampai dengan pengusaha besar. Namun pastinya akan selalu ada peluang usaha walaupun terlihat kecil saat itu. Begitu pula dengan usaha print/sablon kaos   ini.Pakaian, dalam hal ini kaos merupakan kebutuhan primer manusia.Semua orang butuh pakaian seperti halnya tempat tinggal. Oleh karena itu, kami melihat bahwa usaha ini sangat berpeluang dan menjanjikan, karena  bisnis ini tidak akan mati selama orang masih memakai kaos tersebut. Walaupun bisnis ini banyak yang menggeluti ,tetapi jika dikembangkan secara unik dan kreatif, tidak menutup kemungkinan bisnis ini akan memberi keuntungan yang besar. Kreativitas (creativity) adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dam peluang.Sedangkan inovasi (inovation) adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang.
  1. Analisis Persaingan
Persaingan yang semakin ketat tidak akan menurunkan semangat dan keinginan Hand On T-Shirt untuk terus maju menjadi sebuah trend market di level printing/cetak kaos se-Indonesia. Persaingan yang muncul diantaranya adalah para produsen yang memiliki jenis usaha yang sejenis dan target market yang samayaitu jasa percetakan/print kaos dan yang lainnya yang sudah berdiri lebih dahulu dikenal oleh konsumen serta mempunyai teknologi teranyar.
Kreativitasi dan inovasi menjadi semacam “penentu” bagi bisnis kewirausahaan berskala kecil.Berfikir kreatif telah menjadi inti keterampilan bisnis, dan wirausahawan menjadi pemimpin dalam usaha mengembangkan dan menerapkan keterampilan tersebut.Kreativitas dan inovasi sering menjadi jantung bagi kemampuan perusahaan kecil untuk dapat bersaing dengan pesaing mereka yang lebih besar.Walaupun mereka tidak dapat melebihi belanja pesaing mereka yang lebih besar, perusahaan kecil dapat menciptakan keunggulan bersaing yang kuat dan efektif terhadap perusahaan besar secara lebih kreatif dan inovatif.Jika mereka gagal dalam melakukannya, wirausahawan tidak dapat bertahan lama dalam bisnis.
Menurut Zimmerer (1996:82), kreativitas seringkali muncul dalam bentuk ide untuk menghasilkan barang dan jasa baru. Ide bukanlah peluang dan tidak akan muncul bila wirausaha tidak mengadakan evaluasi dan pengamatan secara terus menerus. Banyak ide yang betul-betul asli, akan tetapi sebagian besar peluang tercipta ketika wirausaha memiliki cara pandang baru terhadap ide yang lama. Dengan ketatnya persaingan sekarang, seorang wirausahawan yang ingin sukses harus memiliki beberapa karakteristik yang dikutip oleh Zimmerer, yaitu :
  1. Kreatif dan Fleksibel
  2. Mencapai hasil dengan pengetahuan dan pengalaman
  3. Energik tinggi
  4. Motivasi untuk lebih unggul
  5. Berorientasi ke depan ( visioner )
  6. Mau belajar dari kegagalan
  7. Kemampuan memimpin
Oleh karena itu, agar dapat menjadi market leader di dalam usaha ini, perjuangan dan kerja keras dalam mengembangkannya sangat diperlukan, terlebih untuk mencari pelanggan dan konsumen. Semua ini tentunya memerlukan stategi pemasaran  yang fokus pada kalangan menengah serta memberikan harga bersaing sesuai dengan kualitas produk dan jasa.




  1. Segmentasi Pasar 
Dalam hal target pasar yang Hands On T-shirt bidik adalah masyarakat umum seperti para pelajar, mahasiswa dan anak-anak remaja seusianya termasuk orang dewasa yang masih terbiasa dan senang menggunakan kaos.
Kemudian selain kepada masyarakat langsung, Hands Out T-Shirt membidik pasaran para Fans JKT48 yang luar biasa banyak serta para fans bola sejati yang komunitasnya tersebar di seantero Indonesia.

  1. Ramalan-ramalan  produk yang dihasilkan
Hands Out T-Shirt berencana untuk bisa menghasilkan kaos dengan berbagai macam  bahan dasar dan jenis print.Serta produk yang dihasilkan bisa diterima diberbagai clothing line di seluruh Indonesia.

C.    Deskripsi  Usaha
1.      Produk yang dihasilkan
Kaos dengan berbagai macam jenis design .
2.      Jasa Pelayanan
Dalam hal pelayanan baik terhadap distributor maupun kepada para konsumen, Hands Out T-Shirt memberikan beberapa pelayanan untuk menunjang sisi marketing usaha, diantaranya :
a.       Konsultasi design gratis
b.      Garansi barang jika terjadi kesalahan produksi.
c.       Diskon bagi reseller.
3.      Ruang Lingkup Usaha
Usaha yang mereka geluti ini memfokuskan pada percetakan kaos dan sejenisnya dengan berbagai macam design yang unik.
4.      Perlengkapan Kantor
Kantor yang mereka gunakan sebagai tempat usaha sangat sederhana, karena mereka baru memiliki alat penunjang produksi yang sedikit dan terhitung cukup mahal, jadi mereka untuk sementara ini masih menempati rumah sederhana yang bertempat di daerah Tangerang. Alat penunjang produksi sendiri terdiri dari :

a.       Mesin Press Kaos
Sebelum mencetak desain, kaos terlebih dulu dipanaskan agar hasil cetak lebih maksimal.Mesin ini digunakan juga untuk mesin pengering.
b.      Printer Direct To Garment (DTG).
Printer yang digunakan berupa alat pencetak yang beteknologi tinggi yang sudah terintegerasi dengan computer.
c.       Komputer dan Laptop
Perlengkapan kantor selanjutnya adalah computer dan laptop yang digunakan untuk design dan pemasaran secara online (Facebook,Twitter,Blog dll). Komputer dan laptop yang digunakan memiliki spesifikasi tinggi agar mampu menjalankan program-program design seperti Corel Draw,Photoshop, Adobe Ilistrator dengan baik ,dan harus terkoneksi internet.

5.      Latar Belakang Identitas Pengusaha
Pengusaha sablon ini adalah seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta ( Mercu Buana ). Usaha ini berawal dari sebuah hobi yang sudah lama ia dan kawan-kawannya geluti. Hingga akhirnya dengan bermodalkan keberanian, kesungguhan dan pengalaman dia memutuskan untuk membuka dan mengembangkan usaha ini.

D.    Rencana Produksi
Setelah design dan ukuran kaos ditentukan sesuai permintaan customer,  maka proses selanjutnya adalah proses mencetak kaos yang terdiri dari beberapa tahapan. Berikut ini adalah gambaran proses produksi sablon kaos.





  1. Proses produksi

 



Berikut ini penjelasan masing-masing prosesnya :

a.      Setting Desain

Proses ini di merupakan tahap awal,sebelum memasuki tahap pencetakan. Setting Desain yang akan dicetak menggunakan software desain seperti Corel Draw, Potoshop, Adob Ilustrator dan lain-lain.

b.      Pemanasan

Pemanasan yang dimaksud di sini adalah Kaos yang dipanaskan(press) terlebih dahulu sebelum masuk ke mesin print. Pemanasan kaos di sini membutuhkan waktu + 60 detik

c.      Print (Pencetakkan)

Pada tahap ini proses print (cetak) , atur bagian kaos yang akan di print di printer DTG. Proses pencetakkan ini dilakukan 2 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

d.      Pengeringan

Proses yang terakhir adalah pengeringan, pada proses ini alat yang di gunakan adalah mesin press yang digunakan untuk pemanasan kaos sebelumnya. Waktu yang dibutuhkan + 60 detik.

  1. Keadaan Tempat Usaha  & Perlengkapan
Dalam menjalani usaha ini, mereka memanfaatkan rumah pemilik usaha sebagai kantor sekaligus tempat produksi. Hal ini mereka lakukan untuk menekan biaya pengeluaran dan karena mereka masih dalam tahap awal pengembangan usaha.
Beberapa alat perlengkapan yang mereka gunakan dalam kegiatan cetak kaos diantaranya adalah :
Ø  Mesin Print
Ø  Komputer dan Laptop
Ø  Mesin press dan pengering

  1. Bahan Baku Usaha
Ø  Kaos
Ø  Tinta print.
Ø  Plastik Kemas
Ø  dll
Semua bahan-bahan diatas bisa mereka dapatkan dengan mudah di daerah sekitar Tangerang.

E.     Rencana Pemasaran
  1. Penetapan harga
Harga yang mereka tawarkan sangat beragam, tergantung jenis ukuran dan print area design yang di order. Mereka memberikan penawaran dengan range harga 40000-50000 dan disediakan potongan harga jika memesan kaos dengan partai besar.

  1. Pelaksanaan Pemasaran
Selain penjualan secara langsung kepada para konsumen, kami juga memasarkan  produk kaos kami dengan sistem order (Pesanan).

  1. Promosi yang akan dilakukan
Promosi yang dilakukan melalui :
a.       Media Internet dalam hal ini menggunakan jasa weblog, twitter dan fanpage facebook
b.      Via BlackBerry Messanger (BBM)
c.       Brosur/ Pamflet          
d.      Penawaran secara langsung
  1. Pengembangan produk
Selain fokus pada produksi Percetakan, kami berencana mengembangkan beberapa produk sejenisnya seperti ; sweater, jaket, seragam, dll. Dan juga kami berencana menjadikan HAND ON T-SHIRT sebagai sebuah icon kaos ternama seperti Distro yang sudah lama terkenal.

F.      Perencanaan organisasi
  1. Bentuk kepemilikan & struktur organisasi

Usaha sablon kaos ini adalah milik pribadi. Dan dalam hal  perencanaan organisasi Honds On T-shirt mempunyai struktur organisasi sebagai berikut:




  1. Peranan & tanggung jawab personalia dalam organisasi
a.       Pemilik :
ü  Bertanggung jawab menyediakan bahan-bahan dan perlengkapan produksi
b.      Bag. Pemasaran
ü  Memasarkan produk ke konsumen melalui beberapa media.
c.       Bag. Keuangan
ü  Bertanggung jawab atas semua transaksi keuangan.
d.      Bag, Desain
ü Bertanggung jawab atas desain yang di minta konsumen atau desain untuk produk sendiri.
e.       Bag. Produksi
ü  Bertanggung jawab atas semua kaos yang di produksi dan menjaga alat-alat kerja

G.    Resiko
  1. Evaluasi kelemahan bisnis
Dewasa ini usaha percetakan atau khususnya usaha sablon bukanlah hal yang baru lagi, baik pengusaha yang bermodal besar yang memiliki skala usaha yang besar juga tentunya, hingga pengusaha yang bermodal kecil yang hanya berbentuk UKM ataupun home industri banyak bermunculan sehingga terjadi persaingan usaha yang sangat besar di tengah pasar yang semakin mengecil. Perebutan pangsa pasar terjadi di tengah kenaikan harga bahan baku dan di tengah daya beli yang cenderung menurun karena instabilitas tata perekonomian nasional. Memenangkan persaingan adalah tantangan bagi sebuah usaha yang harus terus berupaya dijalur kompetisi yang sehat demi menjaga kelangsungan dan perkembangan usaha dimasa-masa yang akan datang. Dibutuhkan kreativitas usaha dan pemikiran-pemikiran yang cemerlang yang harus terus diupayakan demi menarik minat konsumen untuk terus bertahan dan tetap menjadi pilihan bagi konsumen.

  1. Gambaran Teknologi
Resiko dengan menggunakan alat-alat yang modern tentu saja ada, diantaranya kapasitas penggunaan listrik pada proses pencetakan dan pengeringan. Apalagi jika mendapat deadline pesanan yang cukup banyak. Walaupun masih ada cara lain yang pastinya memakan biaya seperti penggunaan genset yang mampu manampung kapasitas listrik yang cukup banyak. Tetapi cara tersebut dirasa kurang tepat sasaran melihat jenis usaha yang dijalankan masih berupa UKM atau home industry.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar